Cari Blog Ini

Sabtu, 17 Desember 2011

manfaat daun pandan..

daun pandan
Daun pandan atau pandan wangi adalah salah satu tanaman beraroma yang banyak digunakan sebagai pengharum alami pada makanan. Tanaman ini memiliki daun hijau bertekstur licin dengan ujung runcing, bertepi rata, panjangnya 40 80 cm dengan lebar 3-5 cm. Tumbuhan monokotil dari family Pandanaceae ini mudah dijumpai di pekarangan rumah atau tumbuh liar di tepi-tepi selokan yang teduh.

Daun pandan biasa digunakan dalam pembuatan kue atau resep makanan Indonesia lainnya seperti kolak dan bubur kacang hijau. Zat pewarna alaminya yang dapat memberikan warna hijau juga sering dimanfaatkan dalam pembuatan kue, baik kue kering, kue bolu, maupun kue khas Indonesia seperti kue putu, wajik, dan lain-lainnya. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, pilih daun pandan yang tidak terlalu tua atau muda. Kemudian potong-potong kasar agar aroma pandan lebih kuat dan masukkan ke dalam adonan. Masukkan daun pandan di tahap akhir memasak agar aromanya tidak mudah menguap.

Manfaat kesehatan:
Selain sebagai bahan kue dan masakan, daun pandan juga bermanfaat untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Daun hijau beraroma harum ini mengandung berbagai senyawa yang baik bagi tubuh seperti tanin, polifenol, flavonoida, seponin, alkolodia, dan lainnya. Oleh karena itu, daun pandan juga dimanfaatkan untuk mengatasi macam-macam penyakit seperti pegal linu, rematik, panu, darah tinggi, serta sebagai penambah nafsu makan dan penenang. Daun pandan juga bermanfaat bagi kecantikan rambut, yaitu untuk menghilangkan ketombe, mengurangi rontok, menghitamkan rambut, serta mencegah munculnya uban.

Kreasi masakan yang menggunakan daun pandan:
Kolak, bubur kacang hijau, kue mangkuk pandan, cake pandan tape kukus. onde-onde pulut...
ongol2, bolu ubi kayu rasa pandan, bolu pandan, dll

Tidak ada komentar:

Posting Komentar